Sejarah Penemuan Fosil Manusia Purba, Manusia Kera dan Manusia Modern

Posted: Juni 14, 2012 in Bebas, Sejarah
Tag:, , ,

data SMA

Sejarah Penemuan Fosil Manusia Purba, Manusia Kera dan ManusiaModern

Teori Perkembangan Evolusi Antar Waktu Arkeologi Biologi


Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia modern.

A. Manusia Kera dari Afrika Selatan

1. Australopithecus Africanus

Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.

Australopithecus africanus adalah awal hominid , seorang australopithecus , yang hidup antara 2-3 juta tahun yang lalu di Pliosen . Secara umum dengan yang lebih tua afarensis Australopithecus , A. africanus slenderly dibangun, atau gracile, dan diduga telah menjadi nenek moyang langsung dari manusia modern . fosil tetap menunjukkan bahwa A. africanus secara signifikan lebih seperti manusia modern daripada A. afarensis , dengan lebih manusiawi-seperti tengkorak memungkinkan lebih besar otak dan lebih fitur wajah humanoid. A africanus ditemukan di hanya empat lokasi di Afrika Selatan – Taung (1924), Sterkfontein (1935), Makapansgat (1948) dan Gladysvale (1992).

2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis

Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.

robustus Paranthropus awalnya ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1938. robustus, yaitu di tengkorak fitur, tampaknya ditujukan ke arah sebuah “-mengunyah kompleks berat”. Karena sifat definitif yang berkaitan dengan garis kuat australopithecus , antropolog Robert Broom didirikan genus Paranthropus dan ditempatkan spesies ini ke dalamnya.

robustus Paranthropus (dipertimbangkan untuk waktu oleh komunitas ilmiah sebagaimana robustus Australopithecus) umumnya tanggal untuk memiliki hidup antara 2,0 dan 1,2 juta tahun yang lalu. robustus memiliki puncak sagital besar, rahang, otot-otot rahang, dan gigi taring-posting yang disesuaikan untuk melayani di lingkungan kering yang mereka tinggal masuk

Setelah Raymond Dart penemuan s ‘dari Australopithecus africanus , Broom telah mendukung Dart klaim tentang Australopithecus africanus menjadi seorang nenek moyang Homo sapiens . Sapu adalah seorang dokter  Skotlandia kemudian bekerja di Afrika Selatan yang mulai membuat penggalian sendiri di Afrika Selatan untuk menemukan spesimen lebih, yang Dart telah ditemukan sebelumnya. Pada tahun 1938, pada 70 tahun, Broom, penggalian di Kromdraai, Afrika Selatan menemukan potongan tengkorak dan gigi yang mirip Dart Australopithecus africanus ditemukan, tetapi tengkorak itu beberapa “kuat” karakteristik. Fosil termasuk bagian dari tengkorak dan gigi, semua tanggal sampai 2 juta tahun. situs fosil ditemukan di Paranthropus robustus hanya ditemukan di Afrika Selatan di Kromdraai , Swartkrans , Drimolen, Gondolin dan Coopers . Dalam gua di Swartkrans, sisa-sisa dari 130 individu ditemukan. Penelitian dilakukan pada gigi geligi dari hominins mengungkapkan bahwa rata-rata robustus jarang tinggal masa lalu 17 tahun.

B. Manusia Purba / Homo Erectus

1. Sinanthropus Pekinensis

Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.

Peking Man juga disebut Sinanthropus pekinensis (Homo erectus pekinensis saat ini), adalah contoh dari Homo erectus . Sekelompok spesimen fosil ditemukan di 1923-1927 selama penggalian di Zhoukoudian (Chou K’ou-tien) di dekat Beijing (ditulis ‘Peking’ sebelum adopsi dari sistem romanisasi Pinyin), Cina . Baru-baru ini, telah menemukan tanggal dari kira-kira 500.000 tahun yang lalu.

Antara 1929 dan 1937, 15 kranium sebagian, 11 rahang bawah, banyak gigi, beberapa tulang kerangka dan sejumlah besar alat-alat batu yang ditemukan di Gua Bawah pada Locality 1 dari situs Peking Man di Zhoukoudian, dekat Beijing, di Cina. (Sejumlah fosil manusia modern juga ditemukan di Gua Atas di situs yang sama di 1933)  fosil paling lengkap, yang semuanya tempurung otak atau batok kepala, adalah:

  • Tengkorak III, ditemukan di Locus E tahun 1929 adalah remaja atau remaja dengan ukuran otak 915 cc.
  • Tengkorak II, ditemukan di Locus D pada tahun 1929 tetapi hanya diakui pada tahun 1930, adalah dewasa atau remaja dengan ukuran otak 1030 cc.
  • Skulls X, XI dan XII (kadang-kadang disebut LI, LII dan LIII) ditemukan di Locus L pada tahun 1936. Mereka diduga milik seorang pria dewasa, seorang wanita dewasa dan seorang dewasa muda, dengan ukuran otak 1225 cc, 1015 cc dan 1030 cc. (Weidenreich 1937) (Weidenreich 1937)
  • Skull V: dua fragmen tengkorak ditemukan pada tahun 1966 yang sesuai dengan (replika) dua fragmen lain yang ditemukan pada tahun 1934 dan 1936 untuk membentuk banyak kopiah dengan ukuran otak 1140 cc. Potongan-potongan ini ditemukan di tingkat yang lebih tinggi, dan tampaknya lebih modern dari batok tengkorak lainnya. (Jia and Huang 1990) (Jia dan Huang 1990)

2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa

Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von

Koningswald pada tahun 1939 – 1941. Meganthropus adalah nama umum yang diberikan kepada beberapa rahang besar dan tengkorak fragmen dari Sangiran, Jawa Tengah . Asli Nama ilmiah adalah palaeojavanicus Meganthropus, dan sementara itu biasanya dianggap hari ini valid, genus nama telah bertahan sebagai sesuatu dari julukan informal untuk fosil . Pada 2005, taksonomi dan filogeni untuk spesimen masih tidak pasti, meskipun kebanyakan paleoanthropolog mempertimbangkan mereka terkait dengan Homo erectus dalam beberapa cara. Namun, Homo palaeojavanicus nama dan Australopithecus palaeojavanicus bahkan kadang-kadang digunakan juga, yang menunjukkan ketidakpastian klasifikasi. Yang menarik adalah bahwa menemukan kadang-kadang dianggap sebagai orang-orang raksasa, walaupun itu adalah kebenarannya.

3. Manusia Heidelberg

Manusia heidelberg ditemukan di Jerman

Homo heidelbergensis (“Heidelberg Man”, dinamai setelah University of Heidelberg ) adalah spesies dari genus Homo yang mungkin nenek moyang langsung dari kedua Homo neanderthalensis di Eropa dan Homo sapiens . Bukti terbaik ditemukan tanggal ini hominin antara 600.000 dan 400.000 tahun yang lalu. heidelbergensis teknologi alat batu sangat dekat dengan bahwa dari Acheulean alat yang digunakan oleh Homo erectus .

  

4. Pithecanthropus Erectus

Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 – 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.

C. Manusia Modern

Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.

1.      Manusia Swanscombe – Berasal dari Inggris

 2. Manusia Neandertal – Ditemukan di lembah Neander

3. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon – Ditemukan di gua Cro-

Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.

4. Manusia Shanidar – Fosil dijumpai di Negara Irak


5. Manusia Gunung Carmel – Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina


6. Manusia Steinheim – Berasal dari Jerman

About these ads
Komentar
  1. disa mengatakan:

    ndak ada gambarnya …

kasih komentarnya ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s