PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA MASA REFORMASI

  1. PERKEMBANGAN POLITIK DAN PEMERINTAHAN INDONESIA PASCA 21 MEI 1998
  2. Massa Pemerintahan Presiden Habibie
    1. Latar Belakang Terbentuknya Pemerintahan Habibie

Akibat semakin meningkatnya desakan dan unjuk rasa massa, akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998, Presiden Soeharto menyatakan berhenti sebagai presiden RI. Sesuai dengan ketentuan dalam UUd 1945, presiden menyerahkan jabatan presiden kepada wakil presiden, Burhanuddin Jusuf Habibie.

  1. Perkembangan politik dan pemerintahan
    1. Kebijakan reformasi Politik
    2. Kebebasan berpendapat
    3. Kebijakan disentralisasi
    4. Kebijakan yang berkaitan dengan masalah Timor Timur
    5. Program pelaksanaan pemilu 1999
  2. Massa Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid
    1. Latar belakang terbentuknya pemerintahan Abdurrahman Wahid

Latar belakang terbentuknya berawal dari pemilu tahun 1999. Pada pemilu tersebut PDIP pimpinan Megawati Soekarnoputri berhasil meraih suara terbanyak (sekitar 35%). Tetapi karena jabatan presiden masih harus dipilih oleh MPR, Megawati tidak secara langsung menjadi presiden. Dalam mekanisme pemilihan presiden di MPR, Abdurrahman Wahid yang juga pimpinan PKB terpilih menjadi presiden Indonesia ke 4. Sedangkan Megawati kemudian dipilih Abdurrahman Wahid sebagai wakil presiden.

  1. Perkembangan politik dan pemerintahan Indonesia
    1. Kebijakan reformasi pemerintahan, dengan pembubaran Departemen Penerangan dan Departemen Sosial
    2. Seringnya presiden melakukan lawatan ke luar negeri. Langkah ini banyak menimbulkan pertentangan dalam masyarakat
    3. Masih berkembangnya gerakan-gerakan separatis seperti GAM, RMS dan OPM
    4. Abdurrahman Wahid mengusulkan agar Tap MPRS No. XXIX/MPR/1966 yang malarang marxisme-laninisme dicabut
    5. Upaya Abdurrahman Wahid untuk mereformasi dan mengeluarkan militer dari ruang sosial politik  menyebabkan hubungan presiden dan militer merenggang
    6. Terjadinya beragam konflik kepentingan
    7. Keluarnya kebijakan pemerintah bahwa Imlek sebagai hari libur Nasional
    8. Pada tanggal 1 februari 2001, DPR mengeluarkan nota yang berisi perlunya dilakukan siding khusus MPR dimana pemakzulan presiden dapat dilakukan
    9. Beberapa menteri yang dianggap berseberangan kemudian dipecat
    10. Karena banyak menimbulkan controversial, MPR memutuskan akan digelar sidang istimewa pada tanggal 23 jili 2001
    11. Sebagai bentuk perlawanan terhadap rencana SI MPR, presiden kemudian mandahului dengan mengeluarkan dekrit
    12. Pada tanggal 23 juli 2001, SI MPR digelar dengan agenda pokok pemakzulan presiden. Sesuai UUD, maka ia digantikan oleh wakilnya Megawati
  2. Masa Pemerintahan Presiden Megawati
    1. Latar belakang terbentuknya pemerintahan megawati

Naiknya megawati sebagai presiden ke 5 terjadi setelah Gus Dur menyatakan pengunduran dirinya sebagai presiden akibat tekanan dan demonstrasi yang dilakukan oleh rakyat. Hamzah Haz terpilih sebagai wakil presiden setelah Votting di MPR/DPR

  1. Perkembangan politik Indonesia
    1. Konflik Poso
    2. Masalah terorisme
    3. Program dan kebijakan pemerintah
    4. Program pelaksanaan pemilu 2004
  2. Massa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
    1. Latar belakang terbentuknya pemerintahan SBY

Partai Demokrat yang sebelumnya kurang dikenal, menarik perhatian masyarakat dengan pimpinannya Jenderal Purnawirawan Susilo Bambang Yudhoyono, yang dianggap memiliki karisma dan menjanjikan perubahan kepada rakyat. Dan akhirnya mengantarnya sebagai pemenang pemilu presiden 2004

  1. Perkembangan politik
    1. Penyelesaian Masalah Aceh
    2. Isu terorisme
    3. Pelaksanaan pemerintahan dalam negeri
    4. Disentralisasi dan otonomin daerah
    5. Program pelaksanaan pemilu 2009
  2. PERKEMBANGAN SOSIAL, EKONOMI INDONESIA MASA REFORMASI
  3. Perkembangan Kehidupan Sosial Indonesia Masa Reformasi

Terjadinya krisis ekonomi dan politik Indonesia menyebabkan tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah merosot tajam. Akibatnya, gelombang unjuk rasa dan kerusuhan sosial terjadi dimana-mana. Kerusuhan sosial, amuk massa, penghancuran dan pembakaran pusat-pusat kegiatan ekonomi terjadi di kota-kota Indonesia.

Krisis ekonomi dan sosial telah menghambat proses perubahan struktur ketenagakerjaan di Indonesia.

Selama krisis, jumlah penduduk yang hidup dibawah garis kemiskinan meningkat dari sekitar 12 juta di awal tahun 1997 menjadi sekitar 80 juta di pertengahan tahun 1998. Menurut ILO, angka kemiskinan masyarakat Indonesia di pedesaan tahun 1998 telah mencapai 53% dan di perkotaan sekitar 39%. Bahkan ILO memperkirakan 2 dari 3 penduduk Indonesia tergolong miskin.

Kondisi sosial bangsa Indonesia saat itu mengalami kemunduran di bidang yang berkaitan dengan nilai-nilai etika sosial dan budaya .

  1. Perkembangan Kehidupan Ekonomi Indonesia Masa Reformasi

Secara umum krisis moneter yang berawal pada pertengahan 1997 menyebabkan sendi-sendi perekonomian Indonesia mengalami krisis dan kemudian berpengaruh hampir keseluru sektor. Hingga tahun 1998 semua sektor mengalami penurunan.

Tidak diduga sektor-sektor yang tergolong modern yang selama 32 tahun pemerintahan orde baru mendapat kemudahan agar menjadi andalan dalam memicu pertumbuhan ekonomi justru mengalami penurunan tajam dan terpuruk sampai pada titik negatif. Banyak pengusaha nasional meninggalkan hutang, baik luar maupun dalam negeri.

 

  1. Perekonomian Indonesia Masa pemerintahan Habibie

Ditandai dengan dimulainya kembali kerjasama RI dengan dana moneter internasional dalam rangka membantu proses pemulihan ekonomi. melalui IMF, pemerintah berhasil mendapatkan pinjaman sebesar SDR 1,011 milyar atau setara dengan 1,34 milyar dolar AS

  1. Perekonomian Indonesia masa pemerintahan Gus Dur
    1. Secara keseluruhan , perjalanan ekonomi Indonesia sepanjang pemerintahan gusdur masih belum stabil
    2. Hingga tahun 2001 posisi rupiah senantiasa berada diatas 10.000 per dolar AS.
    3. Tingkat pertumbuhan ekonomi hingga akhir jatuhnya pemerintahan Abdurrahman Wahid hanya sebesar 3%
    4. Kasus bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI)
    5. Perekonomian Indonesia masa pemerintahan Megawati

Ketika dua minggu pertama pemerintahan Megawati, rupiah mengalami penguatan hingga menembus angka Rp. 8.650 per dolar AS. Tetapi harapan itu segera sirnah setelah menginjak bulan ketiga posisi rupiah kembali merosot ketingkat Rp. 10.250 per dolar AS.

Agenda utama perekonomian Indonesia masa pemerintahan megawati adalah upaya perbaikan hubungan dengan lembaga lembaga keuangan multilateral terutama IMF.

  1. Perekonomian Indonesia masa pemerintahan SBY

Bayak factor eksternal diluar control pemerintah yang berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, seperti:

  1. Bencana gempa dan tsunami Aceh
  2. Kenaikan hara minyak dunia\
  3. Peningkatan suku bunga di Amerika
  4. Bencana tanah longsor di berbagai daerah, gempa bumi sering terjadi, kecelakaan transpormasi darat, laut dan udara
  5. Hasil-hasil utama pembangunan politik, sosial-ekonomi Indonesia masa reformasi
    1. Tuntasnya amandemen (I,II,III,IV) UUD 1945 yang secara mendasar telah mengubah dasar-dasar consensus dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.
    2. Terciptanya format politik baru dengan disahkannya perundangan-undangan baru bidang politik, pemilu dan susunan kedudukan MPR  dan DPR
    3. Terciptanya format baru hubungan pusat-daerah berdasarkan undang-undang otonomi daerah yang baru, yaitu desentralisasi.
    4. Terciptanya consensus mengenai format baru hubungan sipil-militer dan TNI dengan polri berdasarkan ketetapan-ketetapan MPR dan perundangan-undangan baru bidang pertahanan dan keamanan.
    5. Disepakatinya pelaksanaan pemilihan presiden secara langsung didalam konstitusi dan dituangkan dalam bentuk perundang-undangan
    6. Kesepakatan menganai diakhirinya pengangkatan TNI/polri dan utusan golongan di dalam komposisi parlemen
    7. Demokrtatisasi sebagai akibat dari pelaksanaan reformasi dan disentralisasi mengalamui kemajuan pesat disbanding masa sebelumnya.
    8. Masalah atau kendala pembangunan politik, sosial-ekonomi yang masih dihadapi selama masa reformasi
      1. Masalah birokrasi dinilai belum banyak mengalami perubahan mendasar.
      2. Penegakan hukum dalam bentuk upaya pemberantasan KKN masih menghadapi tantangan berat.
      3. Meskipun demokrtarisasi sudah terbuka, namun masih terdapat permasalahan dalam pelaksanaannya.
      4. Masalah dan tantangan lainnya adalah masih rendahnya kesejahteraan dan perlindungan anak
      5. Dalam pembangunan kesehatan, beberapa tantangan yang masih dihadapi antara lain adalah rendahnya kualitas kesehatan penduduk, kesenjangan kualitas kesehatan dan akses terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu antar wilayah, gender, dan kelompok pendapatan.

data SMA

Sejarah Penemuan Fosil Manusia Purba, Manusia Kera dan ManusiaModern

Teori Perkembangan Evolusi Antar Waktu Arkeologi Biologi


Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia modern.

A. Manusia Kera dari Afrika Selatan

1. Australopithecus Africanus

Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.

Australopithecus africanus adalah awal hominid , seorang australopithecus , yang hidup antara 2-3 juta tahun yang lalu di Pliosen . Secara umum dengan yang lebih tua afarensis Australopithecus , A. africanus slenderly dibangun, atau gracile, dan diduga telah menjadi nenek moyang langsung dari manusia modern . fosil tetap menunjukkan bahwa A. africanus secara signifikan lebih seperti manusia modern daripada A. afarensis , dengan lebih manusiawi-seperti tengkorak memungkinkan lebih besar otak dan lebih fitur wajah humanoid. A africanus ditemukan di hanya empat lokasi di Afrika Selatan – Taung (1924), Sterkfontein (1935), Makapansgat (1948) dan Gladysvale (1992).

2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis

Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.

robustus Paranthropus awalnya ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1938. robustus, yaitu di tengkorak fitur, tampaknya ditujukan ke arah sebuah “-mengunyah kompleks berat”. Karena sifat definitif yang berkaitan dengan garis kuat australopithecus , antropolog Robert Broom didirikan genus Paranthropus dan ditempatkan spesies ini ke dalamnya.

robustus Paranthropus (dipertimbangkan untuk waktu oleh komunitas ilmiah sebagaimana robustus Australopithecus) umumnya tanggal untuk memiliki hidup antara 2,0 dan 1,2 juta tahun yang lalu. robustus memiliki puncak sagital besar, rahang, otot-otot rahang, dan gigi taring-posting yang disesuaikan untuk melayani di lingkungan kering yang mereka tinggal masuk

Setelah Raymond Dart penemuan s ‘dari Australopithecus africanus , Broom telah mendukung Dart klaim tentang Australopithecus africanus menjadi seorang nenek moyang Homo sapiens . Sapu adalah seorang dokter  Skotlandia kemudian bekerja di Afrika Selatan yang mulai membuat penggalian sendiri di Afrika Selatan untuk menemukan spesimen lebih, yang Dart telah ditemukan sebelumnya. Pada tahun 1938, pada 70 tahun, Broom, penggalian di Kromdraai, Afrika Selatan menemukan potongan tengkorak dan gigi yang mirip Dart Australopithecus africanus ditemukan, tetapi tengkorak itu beberapa “kuat” karakteristik. Fosil termasuk bagian dari tengkorak dan gigi, semua tanggal sampai 2 juta tahun. situs fosil ditemukan di Paranthropus robustus hanya ditemukan di Afrika Selatan di Kromdraai , Swartkrans , Drimolen, Gondolin dan Coopers . Dalam gua di Swartkrans, sisa-sisa dari 130 individu ditemukan. Penelitian dilakukan pada gigi geligi dari hominins mengungkapkan bahwa rata-rata robustus jarang tinggal masa lalu 17 tahun.

B. Manusia Purba / Homo Erectus

1. Sinanthropus Pekinensis

Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.

Peking Man juga disebut Sinanthropus pekinensis (Homo erectus pekinensis saat ini), adalah contoh dari Homo erectus . Sekelompok spesimen fosil ditemukan di 1923-1927 selama penggalian di Zhoukoudian (Chou K’ou-tien) di dekat Beijing (ditulis ‘Peking’ sebelum adopsi dari sistem romanisasi Pinyin), Cina . Baru-baru ini, telah menemukan tanggal dari kira-kira 500.000 tahun yang lalu.

Antara 1929 dan 1937, 15 kranium sebagian, 11 rahang bawah, banyak gigi, beberapa tulang kerangka dan sejumlah besar alat-alat batu yang ditemukan di Gua Bawah pada Locality 1 dari situs Peking Man di Zhoukoudian, dekat Beijing, di Cina. (Sejumlah fosil manusia modern juga ditemukan di Gua Atas di situs yang sama di 1933)  fosil paling lengkap, yang semuanya tempurung otak atau batok kepala, adalah:

  • Tengkorak III, ditemukan di Locus E tahun 1929 adalah remaja atau remaja dengan ukuran otak 915 cc.
  • Tengkorak II, ditemukan di Locus D pada tahun 1929 tetapi hanya diakui pada tahun 1930, adalah dewasa atau remaja dengan ukuran otak 1030 cc.
  • Skulls X, XI dan XII (kadang-kadang disebut LI, LII dan LIII) ditemukan di Locus L pada tahun 1936. Mereka diduga milik seorang pria dewasa, seorang wanita dewasa dan seorang dewasa muda, dengan ukuran otak 1225 cc, 1015 cc dan 1030 cc. (Weidenreich 1937) (Weidenreich 1937)
  • Skull V: dua fragmen tengkorak ditemukan pada tahun 1966 yang sesuai dengan (replika) dua fragmen lain yang ditemukan pada tahun 1934 dan 1936 untuk membentuk banyak kopiah dengan ukuran otak 1140 cc. Potongan-potongan ini ditemukan di tingkat yang lebih tinggi, dan tampaknya lebih modern dari batok tengkorak lainnya. (Jia and Huang 1990) (Jia dan Huang 1990)

2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa

Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von

Koningswald pada tahun 1939 – 1941. Meganthropus adalah nama umum yang diberikan kepada beberapa rahang besar dan tengkorak fragmen dari Sangiran, Jawa Tengah . Asli Nama ilmiah adalah palaeojavanicus Meganthropus, dan sementara itu biasanya dianggap hari ini valid, genus nama telah bertahan sebagai sesuatu dari julukan informal untuk fosil . Pada 2005, taksonomi dan filogeni untuk spesimen masih tidak pasti, meskipun kebanyakan paleoanthropolog mempertimbangkan mereka terkait dengan Homo erectus dalam beberapa cara. Namun, Homo palaeojavanicus nama dan Australopithecus palaeojavanicus bahkan kadang-kadang digunakan juga, yang menunjukkan ketidakpastian klasifikasi. Yang menarik adalah bahwa menemukan kadang-kadang dianggap sebagai orang-orang raksasa, walaupun itu adalah kebenarannya.

3. Manusia Heidelberg

Manusia heidelberg ditemukan di Jerman

Homo heidelbergensis (“Heidelberg Man”, dinamai setelah University of Heidelberg ) adalah spesies dari genus Homo yang mungkin nenek moyang langsung dari kedua Homo neanderthalensis di Eropa dan Homo sapiens . Bukti terbaik ditemukan tanggal ini hominin antara 600.000 dan 400.000 tahun yang lalu. heidelbergensis teknologi alat batu sangat dekat dengan bahwa dari Acheulean alat yang digunakan oleh Homo erectus .

  

4. Pithecanthropus Erectus

Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 – 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.

C. Manusia Modern

Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.

1.      Manusia Swanscombe – Berasal dari Inggris

 2. Manusia Neandertal – Ditemukan di lembah Neander

3. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon – Ditemukan di gua Cro-

Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.

4. Manusia Shanidar – Fosil dijumpai di Negara Irak


5. Manusia Gunung Carmel – Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina


6. Manusia Steinheim – Berasal dari Jerman


pagi2 gini, sebelum berangkat kuliah mau bagi2 peninggalan masa SMA dulu.

Ini adalah tugas untuk praktek seni ku dulu (aku sebagai Surya..hehe), sangat sederhana dan gak jelas.

So, silahkan baca ni drama

Harta dan Cinta Membawa Malapetaka

Pagi yang cerah, matahari bersinar, burung-burung berkicau dengan merdu. Disebuah rumah yang mewah dan megah ditempati oleh 4 orang yaitu pasangan Surya dan Ratna yang mempunyai putri tunggal bernama Olivia dan seorang pembantu bernama Mbok Na.

Pagi itu bu Ratna dan mbok Na menyiapkan makanan untuk sarapan.

Ratna         :    Mbok! Tolong panggilkan tuan dan Oliv untuk sarapan!

Mbok Na   :    ya nya….

Mbok Na pun menuju ke kamar Oliv.

Mbok Na   :    non! Dipanggil nyonya buat sarapan.

Olivia        :    iya mbok! Ntar saya nyusul.

Kemudian mbok pun pergi meninggalkan kamar Olivia dan menuju kedapur. Ketika lewat dimeja makan mbok dipanggil nyonya.

Ratna         :    mbok ! oliv nya mana ?

Mbok Na   :    katanya mau nyusul nya ! saya permisi kedapur dulu nya.

Tak lama kemudian Oliv muncul.

Olivia        :    pagi pi ! pagi mi !

Surya         :    eh….! Anak papi kok rapi banget ?

Ratna         :    ia nih….gak biasanya anak mami kayak gini.

Olivia        :    ya iya lah mi…pi…! Hari ini kan Olivia baru masuk kuliah…! Gak mungkin kan kalau hari pertama masuk kuliah anak mami dan papi berpenampilan urak-urakan.

Surya         :    kamu berangkatnya mau bareng ma papi pa nggak…?

Olivia        :    gak ah pi ! coz olivia mau berangkat sendirian aja !

Sedang asyik-asyiknya bercanda tawa, terdengar ketukan pintu. Tok…tok…tok…

Ratna         :    mbok…!

Mbok Na   :    ada apa nya…?

Ratna         :    coba bukakan pintu ! sepertinya ada orang yang datang.

Mbok Na   :    iya nya…

Mbok pun membuka pintu.

Mbok Na   :    eh…non Astrid, ada apa non…?

Astrid        :    Olivia nya ada mbok…?

Mbok Na   :    ada non ! non Olivia lagi sarapan non. O ya non langsung kemeja makan saja.

Astrid pun menuju meja makan.

Astrid        :    pagi om ! pagi tante ! apa kabar ?

Ratna         :    baik ! o ya sarapan bareng yuk…trid…!

Astrid        :    ah gak usah tante ! karena tadi Astrid udah sarapan di rumah.

Olivia        :    kalau begitu Olivia berangkat dulu ya mi…pi…(sambil mencium tangan kedua orang tuanya)

Surya         :    hati-hati ya…!

Olivia        :    siap bos (sambil hormat kepada papinya)

Astrid        :    kami berangkat dulu ya Om…! Tante…!

Olivia dan Astrid pun pergi meninggalkan rumah. Diperjalanan menuju kampus, tiba-tiba ada seorang cowok yang sedang buru-buru menabrak Olivia sehingga buku yang dibawa Olivia terjatuh

Miko          :    eh sorry…! (sambil mengumpulkan buku)

Olivia        :    makanya kalau jalan itu hati-hati dong..! punya mata pa nggak sich….?

Astrid        :    ya udah lah Olivia ! toh dia nyatanya gak sengaja.

(Olivia pun membantu cowok itu mengumpulkan bukunya yang terjatuh. Tanpa sengaja Olivia dan cowok itu mengambil buku yang sama sehingga mereka saling berpandangan. Kemudian mereka larut dalam suasana, sehingga astrid menegur meraka).

Astrid        :    hello…! Loe berdua kenapa ? kesambet ya ?

Olivia        :    ah gak kok !

Miko          :    sekali lagi maaf ya ! (sambil mengulurkan tangannya). Miko…!

Olivia        :    Olivia….!

Astrid        :    Astrid…! Eh tadi kelihatannya kamu buru-buru mau kemana sich…?

Miko          :    ya ampun…? Hari ini gue kan ada ujian mata kuliah, mana udah telat lagi. O ya duluan ya…!

Astrid        :    ya..! hati-hati…!

Olivia        :    dasar aneh…!

Astrid        :    aneh apanya sich Oliv….?

Olivia        :    ah…gak apa-apa.

(merekapun melanjutkan perjalanannya menuju kampus. Diwaktu yang berbeda, ketika Surya hendak berangkat ke kantor, ia menerima telpon dari Haris (asisten pribadinya))

Surya         :    hello (assalamualaikum)

Haris          :    waalaikumsalam

Surya         :    ada apa ris…?

Haris          :    gawat pak ! tadi saya mendapat kabar kalau perusahaan kita yang di singapura sedang ada masalah. Jadi bapak harus kesana untuk menyelesaikan masalahnya.

Surya         :    baiklah…saya akan berangkat besok. Kamu siapkan paspor untuk saya ya…!

Haris          :    ya pak…

Surya         :    o ya…selama saya di singapura saya akan digantikan oleh istri saya. Jadi kamu harus bantu dia !

Haris          :    ya pak…dengan senang hati.

Surya         :    assalamualaikum (menutup telpon)

Haris          :    waalaikumsalam (menutup telpon)

Surya         :    mi…mami…!

Ratna         :    ya pi…ada apa ?

Surya         :    tolong siapkan pakaian buat papi untuk berangkat ke singapura besok pagi…!

Ratna         :    iya, emangnya papi ngapain di sana ? dan berapa lama ?

Surya         :    perusahaan kita disana sedang ada masalah. Papi juga tidak tau  pulangnya kapan. Tapi yang pasti, begitu masalahnya sudah selesai papi pasti pulang. O ya…papi berangkat kekantor dulu ya…!

Ratna         :    papi hati-hati ya ! (sambil menciun tangan Surya)

Surya pun meninggalkan rumah untuk menuju ke kantor.

Jam  menunjukkan jam 7 malam. Olivia pun pulang kerumah

Sesampai di depan pintu.

Olivia        :    mami dan papi mana mbok ?

Mbok Na   :    lagi istirahat non di kamar.

Olivia        :    ooo….! Ya udah ! saya juga capek mbok, saya istirahat dulu ya !

Mbok Na   :    ya non (mbok Na pun pergi meninggalkan Olivia dan menuju ke dapur)

Suasana malam itu menjadi hening. Karena hari itu adalah hari yang melelahkan bagi Surya yang disibukkan oleh masalah kantor dan Olivia yang baru masuk kuliah. Malampun berganti dengan datangnya pagi. Seperti biasanya keluarga Surya pun sarapan pagi bersama. Tapi ada sesuatu hal yang berbeda pada pagi itu. Yaitu tak biasanya ratna berpenampilan serapi pagi itu. Hal itu membuat Olivia bertanya-tanya…

Olivia        :    tumben mami rapi kayak gini ! mau kemana sich mi ?

Ratna         :    mau kekantor sayang….

Olivia        :    emangnya papi kemana ?

Surya         :    maaf ya sayang, papi baru cerita sekarang. Hari ini papi mau berangkat ke singapura, karena perusahaan kita di sana sedang ada masalah. Jadi, selama papi disana, mami yang akan menggantikan papi di perusahaan kita di sini.

Olivia        :    tapi kok baru cerita sekarang sich ?

Ratna         :    tadinya sich, papi dan mami mau menceritakannya tadi malam. Tapi mami lihat kamu lagi istirahat, jadi mami kira pagi ini hari yang tepat untuk ngasih tau kamu.

Olivia        :    tapi papi berapa lama disana?

Surya         :    sampai masalahnya selesai.

Olivia        :    ya udah…papi hati-hati ya disana ! kalau begitu Olivia berangkat kuliah dulu ya pi…mi…! Assalamualaikum….

Waalaikum salam (Surya dan Ratna menjawab salam Olivia)

Tak lama Olivia pergi, akhirnya Surya dan Ratna pun pergi meninggalkan rumah untuk melakukan aktivitasnya masing-masing.

Satu bulan pun berlalu, Surya pun masih berada di singapura untuk menyelesaikan masalah perusahaannya. Maka Ratna pun mulai merasa kesepian. Hubungannya dengan Haris yang merupakan rekan kerja pun menjadi lebih dekat. Tanpa mereka sadari ternyata mereka telah bertindak sangat jauh. Diam-diam mereka menjalin hubungan.

Hari itu Surya pulang dari Singapura. Dia berencana untuk memberi kejutan kepada istrinya dengan cara tidak memberi tahu kalau dia akan pulang hari itu. Tanpa berfikir panjang, Surya pun langsung menuju kantor untuk memberi kejutan kepada istrinya. Dan dengan tidak disangka, ia memergoki istrinya sedang bermesraan dengan laki-laki yang tak lain asisten pribadinya.

Surya         :    mami…..! (Ratna dan Haris pun terkejut dengan kedatangan Surya)

Ratna         :    papi….! Kapan pulang…?

Surya         :    jadi ini tingkah mami sewaktu papi di Singapura….! Papi gak nyangka mami akan bertindak serendah ini.

Haris          :    biar saya jelaskan pak….!

Surya         :    ah..! gak ada yang harus kalian jelaskan, saya gak nyangka kamu akan menusuk saya dari belakang, kamu telah menyia-nyiakan kepercayaan saya. Saya gak nyangka kalian akan berbuat perbuatan yang lebih rendah dari binatang.

Ratna         :    cukup pi…! Mami sudah capek dengan semua ini, emangnya waktu di singapura papi pernah ngasih kabar sama mami, gak kan….? Kemana aja pi…? Setidaknya, sesibuk apapun papi disana papi masih bisakan meluangkan waktu buat nelpon mami…! Tapi apa nyatanya…? nihil….!

Surya         :    tapi nggak seharusnya mami main gila dengan laki-laki. Semua itu papi lakukan buat mami dan Olivia, gak nyangka usaha papi sia-sia, sekarang mami silahkan tinggalkan ruangan ini….!

Ratna         :    hello…! Emangnya papi gak sadar kalau perusahaan ini adalah peninggalan orang tua mami.

Surya         :    oke kalau begitu…! Biar papi yang pergi dan besok pagi papi akan urus surat perceraian kita.

Ratna         :    ok, gak masalah, kalau itu yang papi inginkan.

Setelah bertengkar cukup lama, Surya pulang kerumah.

Surya         :    Oliv…! Oliv…!

Mbok Na   :    maaf tuan, non Olivia lagi tidur di kamar, memangnya ada apa tuan….?

Surya         :    ada sedikit masalah, ntar kalau Olivia udah bangun suruh langsung keruangan kerjaku ya mbok….!

Mbok Na   :    baik tuan.

Tak lama kemudian Olivia bangun karena bunyian hp,  ternyata Astrid yang menelponnya.

Olivia        :    hallo….! Ada  apa astrid…?

Astrid        :    ada berita nich buat lo, kamu masih ingat gak cowok yang kemaren menabrak lo..?

Olivia        :    ingat, cowok brengsek itu kan…?

Astrid        :    mungkin kemaren dia brengsek, tapi yang kamu bilang brengsek barusan, gue ketemu ama dia tadi di taman, dia ngajak lo ketemuan di  taman, kamu mau gak…?

Olivia        :    mau…mau…mau…!

Astrid        :    tadi katanya cowok brengsek, tapi setelah diajak ketemuan, wajahnya ceria banget, ya udah sekarang kamu siap dulu, biar si Miko gak takut sama penampilan lo…!

Olivia        :    sekarang aku siap-siap dulu ya….bye…!

Astrid        :    bye…!

Kemudian setelah selesai siap-siap, tiba-tiba mbok Na datang.

Mbok Na   :    mau kemana non…? O ya…non tadi tuan pesan nyuruh non ke ruang kerjanya….

Olivia        :    bilang sama papi, kalau Olivia lagi ada janji sama teman, jadi nanti malam aja Olivia ke papi.

Kemudian Olivia berlari menuju kerumah Astrid dengan hati yang gembira, ternyata cowok yang dibilang brengsek oleh Olivia adalah cowok yang dia sukai, setelah sampai dirumah Astrid, Olivia menemui Astrid dipintu  depan rumahnya

Olivia        :    kamu rapi banget as…..?

Astrid        :    masak sich, yuk kita langsung ketaman…! takutnya Miko nunggu lama….

Kemudian mereka menuju ketaman, setelah sampai ditaman mereka langsung menemui Miko.

Astrid        :    hai Mik…! Udah lama nunggu…?

Miko          :    belum lama, baru 1 jam…

Astrid        :    eh..maaf deh (kemudian Astrid mencubit Miko)

Miko          :    sakit tau….!

Ternyata kegembiraan Astrid dengan Miko membuat hati Olivia kecewa.

Miko          :    o ya…oliv…kamu rapi banget…?

Olivia        :    makasih…(dengan wajah cemberut)

Miko          :    Oliv, aku mau kamu menjadi saksi atas kejadian hari ini, apa kamu mau…?

Olivia        :    saksi apa…?

Miko          :    saksi kalau selama ini aku mencintai Astrid, sejak aku menabrak kamu dulu, aku langsung jatuh hati padanya.

Astrid        :    maksud kamu…?

Miko          :    ya As…dari dulu aku udah mencintai kamu, aku ingin memiliki kamu sebagai kekasihku, apakah kamu mau menjadi bagian dari hidupku…?

Astrid        :    sebenarnya aku juga menyukai kamu, jadi aku mau menjadi kekasihmu.

Tanpa mengeluarkan kata-kata, Olivia lari menuju kerumah dengan hati yang sedih dan tertekan. Setelah sampai dirumah, Olivia istirahat dikamar, sampai Olivia tertidur. Tepat pada pukul 7 malam Olivia terbangun karena ketukan pintu.

Mbok Na   :    non…non…non Olivia…

Olivia        :    ya mbok…ada apa…?

Mbok Na   :    nyonya dengan tuan telah nunggu di meja makan.

Olivia        :    nanti aku nyusul.

Tak lama  kemudian, Olivia keluar dari kamar dan langsung menuju ke meja makan.

Olivia        :    malam mi…pi…!

Ratna         :    yuk…kita langsung makan…!

Olivia        :    pi…kok papi sendiri yang mengambil nasi…? Biasanya kan mami…?

Surya         :    dulu…mungkin untuk hari kedepan, selalu papi yang akan mengambil nasi sendiri.

Olivia        :    memangnya kenapa…?

Ratna         :    udahlah, sekarang makan dulu…!

Setelah selesai makan, papi pun mulai membicarakan persoalan rumah tangga mereka.

Surya         :    Liv…papi ingin bicara…!

Olivia        :    bicara apa mi…pi…?

Ratna         :    hubungan mami dengan papi gak bisa dipertahankan lagi, papi kamu memutuskan untuk menceraikan mami karena kesalahan mami.

Olivia        :    apa gak ada jalan lain…?

Surya         :    hati papa udah terlanjur sakit, dan proses perceraian sudah papa ajukan.

Olivia        :    jadi kalian akan tetap bercerai…?

Ratna         :    ya, keputusan kami sudah bulat…

Dengan hati sakit, Olivia berlari menuju ke kamar. Karna guncangan pada dirinya sudah tidak dapat di kendalikan lagi, akhirnya dalam keadaan emosi, Olivia memutuskan untuk bunuh diri.

Kemudian pagi pun tiba, suara ketukan pintu terdengar.

Mbok Na   :    non, non, non Oliv…! Bangun non…! (tidak ada jawaban). Non Olivia tidurnya nyenyak sekali ya…? (kemudian mbok Na memanggil lagi). Non, non, non Oliv..!

Surya         :    ada apa mbok kok teriak-teriak…?

Mbok Na   :    ini tuan, mbok panggil-panggil tapi gak ada jawaban tuan.

Surya         :    buka aja pintunya mbok…!

Mbok Na   :    di kunci tuan.

Kemudian papi pergi keatas, menuju kamar Olivia, kemudian disusul mami.

Mbok Na   :    dikunci dari dalam tuan. Gimana kalau tuan dobrak saja….!

Surya         :    ya mbok…

Kemudian papi mendobrak pintunya. Lalu mereka menemukan Olivia tergeletak dengan penuh darah. Kemudian ratna meletakkan Olivia di pangkuannya.

Ratna         :    maafkan mami nak, semua ini salah mami…!

Surya         :    apa kamu puas, gara-gara kamu mengkhianati aku, anak kita jadi seperti ini….?

Ratna         :    maafkan mami pi….mami menyesal…!

Olivia        :    pi…mi…! sebelum Oliv pergi, Oliv harap mami dan papi mau mengabulkan permintaan Oliv yang terakhir….!

Ratna         :    pasti sayang…! Mami pasti akan mengabulkan permintaan kamu.

Surya         :    iya sayang…! Emangnya permintaan kamu apa….?

Olivia        :    pi….mi….! Oliv harap papi dan mami mau bersatu kembali seperti dulu meskipun tanpa ada Oliv lagi…..!

Ratna         :    tidak sayang…!     Kamu tidak boleh bicara seperti itu….!

Olivia lalu menghembuskan nafas terakhirnya diatas pangkuan maminya.

Ratna         :    Oliv…….(berteriak histeris)

Akhirnya Surya dan Ratna pun memenuhi permintaan Olivia yang terakhir kalinya. Sejak kejadian itu, Ratna pun sadar dan mengakui segala kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Kemudian Ratna dan Surya hidup dengan rukun.

 

 

SEKIAN

 


Mau coba nulis dulu…..cerita tentang tadi malam aja

Sesuai rencana nonton Final piala Raja Spanyol antara Barcelona vs Atl. Bilbao jam 03.00 WIB,

alarm berbunyi jam 02.50 WIB, bangun langsung menuju kamar mandi, cuci muka, duduk di depan TV, pas banget pemain lagi nyanyi. Focus priiiiitttttt, kick off babak pertama.

Eh baru aja di mulai, belum sampai 1 menit, hampir aja gol oleh Messi, sayang masih tipis di samping gawang. Jadi tambah yakin kalau Barca bakal menang besar.

Dan benar, pada menit ke 3 Pedro mencetak gol. Yesss…..!!!!

Lagi menit 20 Messi cetak gol…..menit 25 Pedro  gol lagi…..babak pertama 3-0.

Babak kedua permainan berjalan lebih seimbang, saling serang, tapi gak ada gol.

Ole…campione…ole…campione…ole…campione…para Cules bernyanyi.

Akhirnya Barca mengangkat Piala, piala yg terakhir kali untuk Pep

Catatan2 yg aku tahu pada hasil ini:

Barca juara Copa del Rey yg ke 26….paling banyak bung

Gelar ke 14 bagi Pep Selama 4 tahun melatih Barca…..amaziiiiiing bung….

Gelar ke 4 yang di dapat Barca musim ini….(Super Spanyol, Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub + CdR)

Dan King Leo Messi menambah koleksi golnya musim ini menjadi 73…..rekor lagi bung….

Senanglah rasanya melihat Barca mengangkat piala, meskipun tu piala kalah bergengsi dengan La Liga dan Liga Champion, pokoknya campione campione campione…ole…ole…ole…

Jadi….2 klub kebanggaan ku jadi juara di piala liga masing2….Barca CdR….Liverpool Carling Cup

Okelah kalau begitu, saya sudahi saja tulisan ini, because what ?

Because gak jelas banget…..ancur lagi……

Tp harap maklum, pertama kali coba nulis coy hehehe……

Intinya….ini tulisan tidak penting…..terima kasih sebesar2nya klo ada yg baca….

VISCA BARCA YNWA

Coba-coba

Posted: April 19, 2012 in Tentang Ku
Tag:, ,

Assalamu’alaikum wr wb

Alhamdulillah, senang rasanya bisa bikin blog ini yang mana tujuannya cuma buat belajar. Semoga dengan blog ini bisa nambah pengetahuan ku tentang blog. Mohon untuk masukan dan kritikannya ya supaya blog ini bisa lebih baik. Terima kasih udah mampir di blog apa adanya. Keep smile🙂

wassalam